Literasi untuk Anak Negeri

Minggu, tanggal 22 Januari 2017, Duta Bahasa Sumatra Barat 2016 yang bernaung dalam Ikatan Duta Bahasa Sumatra Barat melakukan program yang bertajuk “Literasi untuk Anak Negeri”. Kegiatan yang diikuti oleh anak-anak usia sekolah dasar ini dilaksanakan di Dusun Batu Tajam, Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatra Barat. Kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap bahasa Indonesia dan meningkatkan minat baca ini dipandu oleh Mona Azhari Nissaq (Duta Bahasa Sumbar 2016), Maharani D. Putri (Wakil IV Duta Bahasa Sumbar 2016), Dedrizaldi dan Ilham Maulana (Finalis Dubas Sumbar 2016).
Acara yang berlangsung di halaman Masjid Taqwa ini diikuti oleh 30-an anak-anak. Meski di ruang terbuka dan panas mentari mulai menyeruak, tidak mengurangi semangat anak-anak dalam mengikuti program ini.
Kak Mona mengawali kegiatan dengan memberikan materi tentang bahasa Indonesia. Anak-anak tanpa ragu dan malu, tampil ke depan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh Kak Mona. Sungguh luar biasa semangat mereka dalam mengikuti kegiatan ini, meski sinar mentari mulai tak bersahabat, mereka tetap antusias mengikuti acara berikutnya, yaitu mendongeng yang disampaikan oleh Kak Ani. Karena tak memungkinkan untuk bertahan di luar ruangan, acara dilanjutkan ke lantai II Masjid Taqwa. Kak Ani melanjutkan dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait dongeng yang telah anak-anak dengar tadi. Mereka pun bergantian menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan. Luar biasa!

Anak-anak kemudian dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok dipandu oleh Kakak-kakak Duta Bahasa Sumbar. Dalam kelompok kecil ini, mereka saling berbagi cerita tentang hobi, cita-cita, dan harapan mereka. Mereka pun diberi motivasi untuk rajin belajar dan membaca agar kelak dapat menjadi insan yang berguna. Setelah itu, anak-anak dipersilakan untuk memilih satu judul buku dan membacanya. Buku-buku yang mereka pilih itu merupakan sumbangan dari berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Melihat semangat mereka memilih dan membaca, membuat kami tak kuasa menahan haru. Hilang letih dan penat.
Buku-buku yang telah selesai dibaca itu kemudian disusun bersama-sama ke rak buku (meski masih sangat sederhana) yang telah tersedia.Setelah selesai, kami pun berfoto bersama dengan anak-anak. Tidak lupa sebelum acara berakhir, Kakak Duta Bahasa berpesan kepada anak-anak agar dapat menjaga buku-buku tersebut dengan baik dan meminta mereka untuk rajin membaca di kala waktu senggang. Kak Mona pun berjanji untuk sesekali datang meninjau “Pojok Baca Dubas Sumbar” ini dan melihat perkembangan bacaan mereka.
Semoga saja, hal kecil yang telah dilakukan oleh Ikatan Duta Bahasa Sumatra Barat ini dapat bermanfaat dan dapat pula menumbuhkan kecintaan anak-anak Dusun Batu Tajam terhadap buku. Amin.
(Kegiatan ini takkan berjalan tanpa dukungan dari berbagai pihak, untuk itu izinkan kami menyampaikan terima kasih kepada Kepala Balai Bahasa Sumatra Barat, Bapak Agus Sri Danardana, Pengurus Masjid Taqwa, Dusun Batu Tajam, dan para penyumbang buku yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Semoga Allah Swt. melimpahkan pahala yang tiada batasnya. Amin.)

Program “Literasi untuk Anak Negeri” Ikatan Duta Bahasa Sumatra Barat di Dusun Batu Tajam, Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

434 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini