Guru SD Plus Lillah Juara Pertama Lomba Mengajar

Regina, guru dari Sekolah Dasar (SD) Plus Lillah, Tabing, Kota Padang, Sumatera Barat keluar sebagai juara I pada lomba Mengajar tingkat SD se Sumatera Barat (Sumbar) 2016, yang diadakan Balai Bahasa Sumbar (15/8).
Regina yang akrab dipanggil Teacher Gina oleh anak muridnya SD Plus Lillah berhasil mengungguli 29 orang guru SD lainnya di Sumbar pada lomba mengajar tingkat SD tersebut. Peserta berasal dari sejumlah daerah di Sumbar dan Kota Padang.
Ketua Pelaksana Lomba Mengajar, Putri Asmarini, mengatakan lomba mengajar bagi guru SD ini diikuti oleh hampir 30 orang guru SD yang ada di Sumbar, masing-masing dari Kabupaten Padangpariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Solok, Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang dan Kota Bukittinggi.
“Kegiatan ini tahunan dari Balai Bahasa Sumbar. Kegiatan ini ditujukan bagi guru sekolah dasar sebagai bentuk apresiasi peningkatan bahasa yang baik dan benar dalam mengajar. Guru sd merupakan “orang tua” kedua dalam mendidik anak bangsa,” sebut Putri Asmarini saat dihubungi Padang Ekspres, Senin (15/8).
Ia menjelaskan, dalam lomba itu, para guru SD akan memberikan ilmu pengetahuan dalam bentuk pemahaman yang diutarakan melalui bahasa.
“Jika sang guru memiliki kepiawaian berbahasa yang baik dan benar maka pembelajaran pun akan berjalan dengan baik, anak didik pun akan memahaminya dengan cepat,” lanjutnya.
Dia menambahkan, juri dari pihak balai bahasa akan memberikan penilaian dengan penekanan tentang penggunaan bahasa. Sedangkan dua orang juri akan memberikan penilaian tentang pengajaran itu sendiri.
Sementara tempat terpisah salah seorang staf pengajar SD Plus Lillah, Hermandas menyatakan pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Balai Bahasa Sumatera Barat (Sumbar) terutama dalam meningkatkan kualitas berbahasa Indonesia yg baik dan benar.
“Kami sangat senang sekali dengan pencapaian oleh salah seorg guru SD Plus Lillah yang telah meraih Juara 1 Lomba Mengajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar,”katanya.
Terkait apa yang akan dilakukan pihak SD Plus Lillah untuk mempertahankan predikat I di Sumbar, Hermandas menyampaikan akan memberi ruang pada guru-guru di SD Plus Lillah tersebut. ntuk membuat inovasi-inovasi dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.
“SD PLUS LILLAH selalu mensupport setiap undangan yang kami terima dari pihak manapun, mengingat sekolah kami mempunyai SDM yang beragam. Tentu prestasi awal ini akan terus kami tingkatkan di masa datang. Selanjutnya kami juga akan coba mempelajari titik-titik kekurangan dlam lomba kemarin,” ujar Hermandas.
Adapun pemenang lomba mengajar ini adalah Juara pertama (I) diraih oleh Regina dari SD Plus Lillah, juara II diraih oleh Yufi Latmi Lasari dari SD Plus Marhamah. Untuk juara III oleh SD Negeri 33 Sawahan Padang. Dan untuk juara harapan I diraih oleh Aissy Putri Zulkarnaini dari SD Negeri 23 Guguak, Kabupaten Agam, dan juara harapan II diraih oleh Tuti Safitri Wita dari SD Negeri 08 Selayo, Kabupaten Solok.
Juri pada lomba tersebut yakni dua orang dari akademisi masing-masing Dr Abdul Rahman, M.Pd dan Dr. Ngusman Abdul Manaf, M.Hum. Sedangkan yang bertindak sebagai juri dari Balai Bahasa adalah Kepala Balai Bahasa Sumbar, Agus Sridanar Dana.(DZ)

559 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini