PERINGATAN HARDIKNAS, LIMA UPT KEMDIKBUD GELAR BERBAGAI KEGIATAN

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018, lima unit pelaksana teknis (UPT) Kemdikbud di Sumatra Barat akan menggelar berbagai kegiatan yang berhubungan dengan bidang literasi dan pendidikan. Kegiatan-kegiatan tersebut akan dilangsungkan tanggal 21—27 April mendatang. Kelima UPT Kemdikbud tersebut yaitu Balai Bahasa, LPMP, BPCB, BPNB, dan Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.
Menurut Kepala Balai Bahasa Sumbar Drs. Dwi Sutana, M.Hum pelaksanaan berbagai kegiatan tersebut bertujuan untuk menyemarakkan peringatan Hardiknas dengan tema menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan. “Kepastian pelaksanaan berbagai kegiatan tersebut setelah dilangsungkannya beberapa kali rapat koordinasi di antara kelima UPT tersebut. Tempat pelaksanaan acara nanti difokuskan di LPMP,” ujarnya.
Sementara itu, Kasubag Tatausaha Balai Bahasa Herlinda, M. Hum menjelaskan setiap hari dari tanggal 21—27 April akan diisi dengan berbagai acara. Acara-acara tersebut adalah bazar buku dan pameran pendidikan yang bekerja sama dengan IKAPI Sumatra Barat, dengan melibatkan 10 penerbit. Bazar buku yang bertempat di Aula M. Syafei LPMP ini akan dilangsungkan setiap hari. Selain bazar buku juga diadakan acara bedah buku dan panitia juga menyediakan lapak untuk Taman Baca Masyarakat (TBM). “Sedangkan setiap malam mulai dari tanggal 21—26 April diadakan bioskop keliling oleh BPCB,” ujarnya.
Selanjutnya, pada tanggal 22 April diadakan Lomba Melukis Kesejahteraan Tingkat Siswa SD dan SMP dan Lomba Mewarnai untuk murid TK/PAUD. Setelah itu, pada tanggal 23 April diadakan Lomba Mendongeng bagi Guru TK/PAUD dan tanggal 24 April diadakan Bengkel Penulisan Cerpen bagi Siswa SLTA. Kemudian tanggal 25 April akan dilaksanakan pentas seni dari BPNB yang menampilkan tarian tradisional dan Balai Bahasa menampilkan fragmen/drama dari Duta Bahasa dan pementasan musikalisasi puisi.
Sedangkan pada acara puncak, tanggal 26 April, akan dilaksanakan ziarah ke makam M. Syafei di Kayutanam. Kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif dengan tiga orang narasumber yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, Prof. DR. Fasli Jalal (mantan Wakil Menteri Pendidikan), dan Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S. (mantan Wakil Menteri Pendidikan).
Sementara pada upacara Hardiknas pada 2 Mei akan dilaksanakan upacara gabungan yang melibatkan kelima UPT tersebut. Uniknya, peserta akan memakai pakaian adat nasional selama mengikuti upacara.

Rapat koordinasi peringatan Hardiknas di LPMP Sumbar

805 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini