SMA 1 Bukittinggi Juarai Lomba Musikalisasi Puisi

Pekan Sastra dan Pekan Ba­hasa yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Sumatra Barat (Sumbar) resmi dibuka, Se­lasa (2/8). Kedua pekan tersebut diadakan dalam rangka menyambut Bulan Bahasa 2016.

Kepala Balai Bahasa Sum­bar, Agus Sri Danardana, mengatakan kegiatan tersebut di­adakan atas dasar kere­sahan terhadap globalisasi yang semakin menjadi-jadi.
“Dengan adanya ke­giatan-kegiatan seperti ini, se­tidaknya kami mengingatkan bahwa ada yang berbeda dan kita harus menyukurinya. Saya sedih bila orang Minang tidak bangga dengan ke-Mina­ngan­nya. Bagaimana pun kita harus bangga dengan identitas sendiri.

Saya sendiri bangga dengan ke-Jawaan saya,” ujar pria asal Kabu­paten Sragen, Jawa Tengah itu.
Total ada 12 lomba yang dilaksanakan pada kedua pe­kan itu yang terbagi atas enam lomba per tiap pe­kannya. Lomba-lomba yang diadakan pada Pekan Sastra, yaitu Lom­ba Musikalisasi Puisi bagi Siswa SLTA (2 Agustus), Lomba Ber­den­dang Pantun untuk Umum (3 Agustus), Lomba Membaca Cerita Rak­yat bagi Guru SD (4 Agustus), Lomba Berbalas Pantun untuk Ma­hasiswa (5 Agustus), Lom­ba Baca Puisi untuk Siswa SLTP (6 Agus­tus), dan Lomba Men­do­ngeng bagi Guru TK/PAUD (7 Agustus).

Sementara itu, lomba yang diadakan pada Pekan Bahasa, yaitu Lomba Cerdas Cermat bagi Siswa SLTA (11 Agustus), Lomba Pewara Lembaga/Instansi Pe­me­rin­tah (12 Agustus), Pe­mi­lihan Duta Bahasa (13 Agustus), Lomba Mengajar bagi Guru SD (14 Agustus), Debat Ber­ba­hasa Indonesia bagi Mahasiswa (15 Agustus), dan Lomba Pidato bagi Siswa SLTA (16 Agustus).
Setelah pembukaan acara, Lomba Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA mengawali rang­kaian kegiatan kedua pekan tersebut. Sebanyak 14 SMA se-Sumatra Barat ber­par­tisipasi dalam lomba ter­sebut. SMA Negeri 1 Bu­kittinggi pun keluar sebagai juara pertama lomba itu. Juara kedua, ketiga, harapan satu, dan harapan dua berturut-turut diraih oleh MAN 2 Padang, SMA 1 Gunung Ta­lang, INS Kayu Tanam, dan SMA 5 Padang. PADANG, HALUAN— (h/mg-sas)

535 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini