Balai Bahasa Sumbar Gelar Lomba Musikalisasi Puisi

Balai Bahasa Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) kembali mengadakan lomba musikalisasi puisi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se-provinsi itu, yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun.

“Tahun ini merupakan kedelapan kalinya balai bahasa Sumbar mengadakan lomba musikalisasi puisi tingkat Sumbar,” kata Ketua Panitia Lomba, Joni Syahputra di Padang, Senin.

Musikalisasi puisi adalah puisi yang dinyanyikan dengan menggabungkan antara sastra dan musik, sehingga seorang pendengar yang kurang paham menjadi paham.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar penghargaan terhadap sastra semakin berkembang di kalangan remaja, khususnya bagi siswa SMA.

Lomba ini diadakan pada hari ini, Senin di Museum Adityawarman yang terletak di Jalan Diponegoro, Padang.

Mengenai jumlah peserta, katanya, tahun ini ada 17 tim dengan jumlah maksimal pesertanya untuk masing-masing tim adalah enam orang.

“Ada lima tim dari sekolah di Kota Padang, sedangkan untuk daerah lainnya rata-rata antara satu sampai dua tim,” katanya.

Ia menjelaskan, satu tim atau grup akan menampilkan satu puisi wajib yang ditentukan oleh panitia, serta satu puisi pilihan peserta yang merupakan karya penyair yang berasal dari Sumbar dan sudah dikenal.

“Penampilan peserta akan dinilai berdasarkan pemahaman puisi, penciptaan lagu dan aransemen musik,”jelasnya.

Joni menambahkan, pemenang pertama dari lomba ini akan dikirim mewakili Provinsi Sumbar untuk mengikuti Pekan Sastra di Provinsi Jambi pada tahun ini.

Salah satu tim yang mengikuti lomba musikalisasi puisi adalah SMAN 01 Gunung Talang, yang merupakan peraih harapan satu pada tahun 2014.

“Kami sudah mempersiapkan tim dari 40 hari yang lalu untuk mengikuti lomba ini,” kata guru pembimbing SMAN 01 Gunung Talang, Marlis.

Ia mengatakan, pada tahun ini timnya membawakan puisi yang berjudul “Tiga Keinginan” dari Taufik Ismail.

“Saya cukup puas dengan penampilan anak-anak dan saya berharap tahun ini kami bisa mendapat juara satu,” ujarnya. (cpw9)

Pewarta : Lusyana Nurzid
Padang, (Antara)

264 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini